Bagikan Inspirasimu disini

Monday, September 16, 2019

Manfaat Kunyit

| Monday, September 16, 2019

Anda pasti sudah sering mendengar bahkan mempergunakan bumbu dapur yang satu ini, yaitu kunyit atau Curcumin. Mungkin sebagian dari kita masih belum tahu betapa banyak manfaat dari kunyit, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa ia memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan otak kita. Kunyit merupakan suplemen nutrisi paling efektif, dan merupakan pewarna alami untuk setiap masakan seperti masak kari, Pindang kuning, Nasi Kuning dan lain sebagainya. Tapi Tahukah anda apa saja manfaat kunyit bagi kesehatan?

Berikut beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan:
  • Curcumin Meningkatkan Fungsi Otak Dengan Meningkatkan Faktor Neurotropik yang Berasal dari Otak

    Brain Derived Neurotrhophic Factor yang singkat BDNF adalah jenis hormon pertumbuhan yang berfungsi di otak. Curcumin telah terbukti meningkatkan neurogenesis, berpotensi melalui modulasi sumbu hipotalamus-hipofisis-adrenal (HPA) dan dengan meningkatkan produksi (BDNF) di otak.
  • Meningkatkan Kesehatan Jantung
Karena sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang tinggi, curcumin dapat menurunkan kemungkinan penyakit jantung. Curcumin meningkatkan lapisan pembuluh darah, mengatur tekanan darah dan mengurangi pembekuan darah. Satu studi menemukan bahwa curcumin sama efektifnya dengan olahraga dalam meningkatkan aliran darah ke jantung.
  • Rempah Obat
Kunyit mengandung senyawa bioaktif dengan sifat obat bubuk. Telah digunakan selama ribuan tahun sebagai rempah-rempah dan ramuan obat dalam pengobatan tradisional Tiongkok (TCM) maupun pengobatan Ayurvedic untuk mengobati kondisi seperti penyakit hati, masalah kulit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi gejala refluks asam dan mengurangi rasa sakit. dan peradangan pada tubuh yang berhubungan dengan artritis dan penyembuhan luka secara umum.
  • Perlindungan Dari Kanker
Curcumin mengandung senyawa anti kanker yang dapat memperkuat tubuh memberikan perlindungan kanker.
  • Kunyit dapat Meningkatkan Kapasitas Antioksidan Tubuh
Salah satu mekanisme di balik penuaan dan banyak penyakit adalah kerusakan oksidatif. Curcumin adalah antioksidan kuat yang dapat menetralisir radikal bebas dalam tubuh yang membantu mencegah penuaan atau yang sering di sebut anti aging dan penyakit. Ini juga dapat merangsang sifat antioksidan tubuh sendiri.  
  • Curcumin Adalah Senyawa Anti inflamasi Alami yang Ampuh
Curcumin telah terbukti mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar dua enzim peradangan dalam tubuh. Peradangan adalah proses imunologis yang rumit yang terjadi di dalam sel. Curcumin bekerja pada tingkat sel untuk memblokir molekul bioaktif yang memicu proses peradangan yang umum pada sebagian besar penyakit kronis seperti radang sendi dan gangguan pencernaan.
  • Mencegah Arthritits dan Meringankan Nyeri Sendi
Mengingat bahwa curcumin adalah anti-inflamasi yang kuat, masuk akal bahwa itu dapat membantu dengan radang sendi karena memiliki efek positif pada pembengkakan sendi dan pengurangan rasa sakit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pasien dengan rheumatoid arthritis, curcumin bahkan lebih efektif daripada obat anti-inflamasi.
  • Memperbaiki Penyakit Alzheimer
Curcumin dikenal karena sifat anti-inflamasinya yang dapat melewati sawar darah / otak, tidak seperti zat lain dan telah terbukti menyebabkan berbagai perbaikan dalam proses patologis penyakit Alzheimer.
  • Curcumin Telah Diperlihatkan Memiliki Manfaat Luar Biasa Terhadap Depresi
Depresi telah dikaitkan dengan penurunan level BDNF. Studi telah mengkonfirmasi bahwa curcumin, yang ditemukan dalam kunyit, memiliki efek yang sama dengan antidepresan pada pasien yang menderita depresi dengan meningkatkan kadar BDNF. Curcumin juga terbukti meningkatkan neurotransmitter otak serotonin dan dopamin.
  • Melawan Penyakit Kronis dan Penuaan Dini
Karena semua manfaat kesehatan potensial curcumin tercantum di atas seperti mengurangi peradangan dalam tubuh dan menjadi curcumin antioksidan kuat menyediakan senyawa yang membunuh radikal bebas yang menyebabkan proses penuaan dan mencegah penyakit.
Anda mungkin sudah familiar dengan kunyit dan sering menggunakannya untuk memasak di dapur. Curcumin atau yang sering kita sebut kunyit merupakan suplemen nutrisi paling efektif, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa ia memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan otak kita 

Related Posts

No comments:

Post a Comment