Bagikan Inspirasimu disini

Thursday, August 1, 2019

Tugas Yang Selesai Sebelum Dimulai

| Thursday, August 1, 2019


Oleh: @aswan_berkarya
.......
2 jam sejak ketibaannya disebuah warkop tepian jalan raya, tampak seorang pemuda begitu gelisah, grasak-grusuk. Sebut saja namanya Madi, seorang mahasiswa biasa.

Dia bingung. Pasalnya memasuki menit ke 120 dia menghadap tugas, tapi tanda-tanda selesai belum ada. Idenya benar-benar tak berkembang. Jika sudah begini, laptop canggih plus koneksti internet lancar juga tak banyak membantu.

Dia butuh inspirasi, atau paling tidak seseorang datang memberi motivasi.

Benar saja! Ada yang mendekati mejanya. Inspirasi kah ini?
"Om beli kuenya om" sapa seorang anak sambil mengunjukan kue 5 ribuan. Entah darimana bocah ini, dengan pakain lusuh, jualan kue malam-malam. Padahal, seharusnya jam segitu dia belajar kemudian istirahat tidur.

"Beli 2 ya dek" sahut Madi tanpa banyak mikir, menyerahkan 2 lembar 5 ribu sambil menilik lembaran2 terakhir di dompetnya. Saat itu dia sadar, yg tersisa lembaran2 patimura. Haha.

Kue itu dia nikmati. Kue yang dibeli bukan karna berniat memakannya, tapi ada senyum seorang anak yang ingin dia lihat malam itu.

Itulah pesan dari orang tua dan guru nya "sering2 bantu mereka yang membutuhkan. Bukan untuk dibalas, tapi berkah dari Allah sudah cukup"

Misi yang tertunda karna kehabisan ide pun Madi lanjutkan kembali. Kali ini berbeda! Geraknya lebih gesit, semua berlalu dengan lebih mudah. Ajaib! Tugasnya selesai.

Anda tahu? Beberapa hari lalu Madi bilang ke saya. Tugas itu dia kumpul dan diberi nilai sempurna oleh dosen.

HEBAT! Bukan nilai atau prestasinya. Meskipun itu memang bagus. Tapi  lihat rangkaian kisahnya tadilah yang hebat. Mau berbagi sedang dia dalam keadaan sulit. Berani menghadirkan senyum untuk orang lain meski hatinya tengah menjerit.

Madi membeli dagangan seorang anak, kedengarannya sederhana. Tapi tidak saat kondisi sulit!

Bukan! Bukan mengharap mendapat kemudahan dari apa yg dia korbankan. Tapi seperti pesan org tua dan gurunya, "nyari berkah Allah".

Akan tetapi saat berkah yang dia cari, ternyata Allah juga selesaikan urusan-urusan pribadinya.

Belum selesai sampai disitu! Madi awalnya kebingungan saat akan membayar uang kopi di kasir. Dia ragu entah uangnya cukup atau tidak. "Berapa bang?" tanyanya. "Sudah dibayar bang oleh temannya" respon kasir. How come????Padahal dia tak banyak kenal orang yg ada di warkop itu!

Sekian.
Mari cari berkah Allah dalam setiap usaha kita untuk membantu orang lain. Setelahnya biar Allah berkehendak sesuai kodratnya. Jika sudah begitu, belum memulai tugas pun sejatinya tugas kita sudah terslesaikan!

Related Posts

No comments:

Post a Comment